Tuesday, September 6, 2011

trik untuk terhindar dari virus

Ada hal-hal yang dapat kita lakukan agar terhindar dari virus, diantaranya yaitu :

1. Menginstall antivirus
Dengan demikian komputer kita punya perlindungan dari ancaman virus. Namun dengan menginstall antivirus saja juga. tidak menjamin komputer kita akan benar-benar bebas dari ancaman virus. Saat ini banyak antivirus yang beredar di. pasaran, antara lain : AntiVir, VirusScan, Norton AntiVirus dan lain-lain.

2. Update database program antivirus secara teratur
Ratusan virus baru bisa muncul setiap bulannya. Virus baru tersebut dilengkapi kemampuan untuk menghindar dari pantauan antivirus. Karena itu sebaiknya kita harus mengupdate database dari program antivirus yang kita gunakan. Update database itu diperlukan agar antivirus kita mampu mengenali virus-virus baru yang muncul. Database terbaru antivirus juga dapat kita lihat dan download di website perusahaan pembuat antivirus yang kita gunakan.

3. Berhati-hati menjalankan file baru
Biasanya virus menyebar melalui file-file yang diikutkan bersama e-mail dan file yang didownload di internet. Maka dari itu kita harus hati-hati jika mendapatkan file yang berasal dari orang yg tidak kita kenal maupun yang kita kenal karena bisa saja file tersebut dikirim oleh virus kepada kita karena komputer dari orang yg kita kenal tersebut sudah dijangkiti virus. Alangkah baiknya kita men-scan dahulu file tersebut sebelum menjalankannya. Atau jika ragu-ragu sebaiknya dihapus saja.

4. Mewaspadai kerusakan sejak awal
Jika komputer kita menunjukkan hal-hal aneh, misalnya hard disk yang tiba-tiba saja penuh, kecepatan menurun drastis, munculnya masalah pada program, dansebagainya. Ini mungkin adalah gejala pada komputer kita telah diinfeksi oleh virus. Jika terjadi, kita harus waspada sejak awal sebelum yang lebih parah terjadi.

5. Membuat backup data secara teratur
Bila komputer kita berisi data-data penting, kita perlu membuat backup untuk data-data tersebut secara berkala dan teratur. Dengan demikian, bila komputer kita terserang virus, kita tidak akan kehilangan data-data penting tersebut.

Created by: Gita Wicaqsani Angow Sondakh ( X I - IPS 2 )

No comments:

Post a Comment