Wednesday, September 7, 2011

Trik Mengelola Informasi dari Internet dan Tipsnya

Untuk mendapatkan manfaat internet sebagai sumber informasi, kita perlu belajar mencari, mendapatkan, dan mengelola informasi tersebut.

Dengan mesin pencari kita dapat melihat daftar halaman web hasil pencarian. Klik teks link untuk menampilkan halaman web di jendela browser yang aktif, atau membuka di jendela browser yang baru. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pilih halaman web hasil pencarian yang ingin ditampilkan

2. Klik kanan pada teks link dari website yang ingin ditampilkan

3. Klik open untuk membuka halaman web di jendela browser yang aktif atau klik open in new window untuk membuka halaman web di jendela browser yang baru.


Untuk menghemat biaya sebaiknya kita tidak membaca halaman web secara keseluruhan karena akan sangat memakan waktu dan disaat koneksi internet masih terhubung maka biaya akses kita pun ikut membengkak. Simpan terlebih dahulu informasi yang kita dapat ke harddisk kita, kemudian kita baca kembali setelah kita tidak melakukan koneksi internet.


Cara menyimpan halaman web :

1. Klik File, Save

2. Save in(tentukan folder penyimpanan)

3. File name akan diberikan oleh browser secara otomatis. Bila tidak menginginkan nama yg diberikan browser, maka lakukan penggantian nama file tersebut sesuai keinginan kita.

4. Klik save



TIPS :
Tidak saya sarankan kepada anda untuk menyimpan halaman web ke flashdisk atau CD, lebih baik simpan dulu ke harddisk. Jika hendak menyimpan di halaman flashdisk atau CD, sesuaikan dulu kemampuannya untuk dapat menampung semua informasi yg dibutuhkan termasuk gambar pendukung.



BY : Gita Wicaqsani Angow Sondakh (XI IPS 2)

No comments:

Post a Comment